Bantuan Finansial untuk Palestina dari Negara Liga Arab

2 views

Para Menteri Luar Negeri (Menlu) negara-negara yang tergabung di dalam Liga Arab telah melakukan pertemuan pada Minggu (21/04/2019) kemarin. Pertemuan yang dilakukan di Kairo, Mesir tersebut menghasilkan deklarasi penolakan terhadap rencana perdamaian yang dirumuskan oleh Amerika Serikat (AS). Selain melahirkan deklarasi penolakan, para Menteri Luar Negeri memutuskan untuk memberikan bantuan finansial untuk Palestina.

Amerika Serikat berencana meluncurkan kerangka perdamaian baru antara Palestina dan Israel yang dikenal dengan istilah “Deal of the Century”. “Deal of the Century” kemungkinan akan dirilis pada tanggal 15 Mei mendatang. Namun negara-negara yang tergabung di Liga Arab menolak isi dari kerangka perdamaian yang justru merugikan Palestina tersebut.

Negara anggota Liga Arab pun melakukan pertemuan dan memutuskan untuk memberikan bantuan finansial kepada Palestina. Bantuan tersebut rencananya akan diberikan per bulan dengan nilai $100 juta.

Selain dihadiri oleh para Menlu, pertemuan ini juga dihadiri oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. Dalam pertemuan itu selain pemberian bantuan finansial untuk Palestina,  ia menghimbau agar seluruh negara-negara Arab ikut berpartisipasi aktif untuk menangani persoalan ini.

Abbas, mewakili suara rakyat Palestina, menolak “Deal of the Century” sejak Presiden AS mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel di tahun 2018. Ia pun memboikot administrasi AS dan menganggap jika AS sudah tidak layak menjadi mediator konflik antara Palestina dan Israel.

Abbas menyebut “The Deal of Century” ini sebagai “The Slap of Century” atau tamparan abad ini. Karena pakta tersebut terlalu berpihak dan menguntungkan rezim Israel. Israel telah merebut wilayah West Bank, Jalur Gaza, dan Yerussalem Timur paska berakhirnya perang Timur Tengah pada 1967.

Hingga kini, tiga wilayah itu disebut sebagai wilayah kependudukan Israel. Karena Israel dianggap telah menduduki wilayah tersebut secara illegal dan melakukan diskriminasi kepada orang-orang Palestina yang menetap di sana.

Like & Share Us On

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *