DIY : Inspirasi Membuat Serbet Kain Shibori

0 views

Teman Hijab pernah mendengar tentang Shibori? Shibori adalah teknik pewarnaan kuno yang berasal dari Jepang. Dan kini desain motif Shibori telah bermunculan di seluruh dunia. Cara membuatnya cukup mudah kok, yuk simak inspirasi membuat serbet kain Shibori berikut.

Pola warna biru dan putih menjadi ikon bagi Shibori yang cocok sebagai aksen motif pada bantal, selimut, dan dekorasi rumah lainnya. Inspirasi membuat serbet kain Shibori ini cukup sederhana dan praktis, sehingga bisa Teman Hijab lakukan bersama si kecil.

Sebelum mulai membuat, Teman Hijab perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini :

– Cairan pewarna kain warna biru navy

– Cairan pewarna kain warna biru denim

– Garam

– Sabun cuci piring

– Sendok

– 3 Ember atau mangkuk kaca

– Selang air

– Sarung tangan

– Serbet 100% kain katun

– Karet gelang

Setelah bahan sudah tersedia semua, langkah pertama yang harus dilakukan Teman Hijab adalah menyuci dan keringkan serbet kain yang akan diwarnai. Selanjutnya, siapkan ember utama yang akan digunakan untuk pewarnaan. Mulailah mengisi ember dengan 1,5 galon air panas yang hampir mendidih.

Setelah diisi, tambahkan 1 ons cairan pewarna biru navy dan setengah dari pewarna biru denim ke dalam air panas dan aduk. Untuk mempercantik warnanya, tambahkan 1/2 cangkir garam ke ember utama. Untuk mencegah pewarnaan yang tidak merata, tambahkan setetes sabun cuci piring ke pewarna yang sudah dimasukkan ke ember utama.

Jika ember untuk pewarnaan sudah siap, isi ember kedua dengan air dingin. Rrendam serbet kain dalam air dingin terlebih dulu. Ratakan serbet kain yang basah, lalu lipat dengan gaya akordeon (seperti cara melipat kipas dalam origami).

Bungkus karet gelang di sekitar serbet yang dilipat setiap 1-2 inci. Lalu tempatkan serbet ke dalam ember pewarnaan selama 3-5 menit. Setelah itu, lepaskan serbet dari ikatan dan biarkan sisa pewarna menetes dari serbet.

Bilas serbet dengan air dingin di bawah keran atau selang air hingga air menjadi jernih. Lanjutkan membilas dan lepaskan karet gelang satu per satu.

Nah, sudah jadi nih serbet kain Shibori karya Teman Hijab! Keringkan dulu serbet Shibori sebelum digunakan. Lipat atau gulung kain untuk menonjolkan pola Shibori.

Gimana, inspirasi membuat serbet Shibori kali ini mudah kan?

Like & Share Us On

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *