Indonesia Siap Jadi Kiblat Fashion Muslimah Dunia

7 views

Gaung perkembangan fashion muslimah belakangan ini memang kian terdengar. Fashion muslimah di Indonesia terus melakukan transformasi dari gaya konservatif menjadi lebih kontemporer yang berjiwa muda. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia siap jadi kiblat fashion muslimah dunia.

Ada beragam faktor yang membuat Indonesia siap jadi kiblat fashion muslimah dunia. Mulai dari banyak bermunculan komunitas muslimah seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, dan komunitas-komunitas lainnya. Selain itu, kini pun banyak ditemui beragam bazar dan penyelenggaraan peragaan busana muslimah di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Dampak lainnya pun kian terlihat di masyarakat. Jika dulu yang banyak menggunakan hijab adalah muslimah dari kalangan ibu-ibu. Kini, tidak hanya ibu-ibu saja yang menggunakan hijab, para muslimah remaja pun mulai berlomba-lomba ikut menggunakan hijab.

Penggunaan hijab ini pun tidak menghalangi para muslimah remaja untuk tetap terlihat modis. Mereka dapat berkreasi dengan variasi hijab yang disesuaikan dengan busana yang digunakan.

Menurut Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kementerian Perindustrian, Euis Saidah, kini terdapat 20 juta penduduk Indonesia yang menggunakan hijab. Hal ini selaras dengan perkembangan industri fashion muslimah yang meningkat 7 persen setiap tahunnya.

Tak heran kalau Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bermimpi dapat mengembangkan fashion muslimah Indonesia. APPMI tak hanya berharap perkembangan ini terjadi di dalam negeri, namun juga berkembang sampai ke seluruh dunia.

Route map perkembangan industri busana muslimah ini pun telah dibuat oleh APPMI. Di mulai dari tahun 2015, di mana busana muslimah Indonesia sudah mampu menembus pasar ASEAN. Si tahun 2020 nantinya diharapkan dapat menembus pasar Asia dan tahun 2025 bisa menembus pasar dunia.

Mimpi Indonesia jadi kiblat fashion muslimah dunia ini bukan tanpa tantangan. Karena di Indonesia sendiri masih terdapat kendala dalam bahan baku, teknologi, kemampuan SDM, pemasaran, dan modal.

Tetap dukung industri fashion muslimah yuk Teman Hijab! Agar harapan Indonesia jadi kiblat fashion muslimah dunia ini bisa segera terwujudkan.

Like & Share Us On

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *