Community

Inspirasi Kajian Komunitas @Cahhijrahsmg: Ukhuwah Islamiyah

Ukuwah merupakan sebuah ikatan persaudaraan, salah satunya saling bersilaturahmi dengan yang lainnya. Di kajian rutin @cahhijrah pada hari Kamis, 10 Juli 2019 bersama Ustadz Dimas Anafadli akan membahas tentang ukhuwah khususnya ukhuwah Islamiyah.

Teman Hijab tahu ukhuwah secara umum ada berapa? Iya..ada tiga yaitu ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah. Ukhuwah Islamiyah merupakan ukhuwah yang diikat oleh akidah, ukhuwah wathaniyah merupakan hubungan bangsa dan negara (cinta tanah air dan ke bhineka tunggal ika an), dan ukhuwah basyariyah hubungan dengan satu bangsa dan bangsa lainnya (tanpa memandang latar belakang bangsa, suku, budaya, agama, dan negara)

Sedangkan pembahasaan kali ini kita kan fokus ke Ukhuwah Islamiyah, ukhuwah yang didasari atau diikat dengan akidah. Dalam ukhuwah islamiyah tidak ada batas apapun selama menyebut “Lailillahailallah”. Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi toleransi, diwajibkan untuk bersilaturahmi dengan siapa saja tanpa melihat latar belakangnya. Jangan hanya melihat perbedaannya tapi carilah persamaannya, yaitu sama-sama makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT.

Syarat Ukhuwah Islamiyah agar tetap kuat dan kokoh:

1.   Didasari iman dan taqwa

2.   Didasari dengan keikhlasan

3.   Berkomitmen dengan syariat islam

4.   Memiliki prinsip saling mengingatkan

5.   Tetap bersaudara dalam keadaan senang maupun susah

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

 

مَدْرَجَتِهِ مَلَكًا فَلَمَّا أَتَى عَلَيْهِ قَالَ أَيْنَ تُرِيدُ قَالَ أُرِيدُ أَخًا أَنَّ رَجُلاً زَارَ أَخًا لَهُ فِى قَرْيَةٍ أُخْرَى فَأَرْصَدَ اللَّهُ لَهُ عَلَى

عَزَّ وَجَلَّ. قَالَ فَإِنِّى رَسُولُ اللَّهِ تَرُبُّهَا قَالَ لاَ غَيْرَ أَنِّى أَحْبَبْتُهُ فِى اللَّهِ قَالَ هَلْ لَكَ عَلَيْهِ مِنْ نِعْمَةٍ لِى فِى هَذِهِ الْقَرْيَةِ.

إِلَيْكَ بِأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَبَّكَ كَمَا أَحْبَبْتَهُ فِيهِ

 

“Pernah ada seseorang pergi mengunjungi saudaranya di daerah yang lain. Lalu Allah pun mengutus Malaikat kepadanya di tengah perjalanannya. Ketika mendatanginya, Malaikat tersebut bertanya: “engkau mau kemana?”. Ia menjawab: “aku ingin mengunjungi saudaraku di daerah ini”. Malaikat bertanya: “apakah ada suatu keuntungan yang ingin engkau dapatkan darinya?”. Orang tadi mengatakan: “tidak ada, kecuali karena aku mencintainya karena Allah ‘Azza wa Jalla”. Maka malaikat mengatakan: “sesungguhnya aku diutus oleh Allah kepadamu untuk mengabarkan bahwa Allah mencintaimu sebagaimana engkau mencintai saudaramu karena-Nya“ (HR Muslim no.2567).

Asyifa Mahardika, 26th Vlogger/Influencer

“Every small goodness makes your life value bigger.”


BERI KOMENTAR