Siapa yang tidak menyukai mie? Ya, berbagai macam mie, baik itu mie instan, ramen atau mie lainnya, rasanya sangat tidak mungkin untuk tidak tergoda. Entah siapa yang menemukan awal resep mie-mie yang ada di dunia.

Mereka bisa membuat orang-orang menginginkan semangkuk mie lagi dan lagi. Hebatnya, bahkan satu bungkus mie tidak cukup membuat perut merasa kenyang. Awalnya, mungkin Teman Hijab akan merasa kenyang, namun setelahnya Teman Hijab akan merasa lapar kembali.

Pernahkah mengalami, rasa kenyang makan mie tidak bertahan lama? Hmm, mengapa bisa begitu ya?

Mie membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Hal ini akan menambah tekanan tambahan pada saluran pencernaan , sebab saluran pencernaan dipaksa memecah nutrisi mie selama berjam-jam. Padahal, seharusnya makanan olahan yang tidak mengandung serat bisa lebih cepat untuk dicerna.

Waktu yang lama untuk dicerna juga berdampak pada nutrisi yang diperoleh tubuh dari makanan tersebut. Ini sebabnya Teman Hijab masih merasa ‘lemas’ meski sudah makan mie, sebab nutrisi yang didapat dari mie itu sendiri kurang.

Sedangkan saat dalam keadaan lapar, tubuh gula darah dalam tubuh Teman Hijab mungkin dalam keadaan normal-rendah. Teman Hijab membutuhkan asupan untuk meningkatkan gula darah, meskipun perut lapar tidak selalu identik dengan gula darah yang rendah.

Begitu juga dengan kurang energi. Setelah makan, tubuh kita akan memecah glikogen – yang merupakan molekul untuk menyimpan energi. Dalam proses tersebut, glukosa pun dihasilkan. Kenapa glukosa penting? Sebab glukosa merupakan sumber utama energi dan diserap ke dalam aliran darah. Glukosa bisa didapatkan dari karbohidrat. Saat kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup, maka tubuh akan membakar lemak cadangan untuk dibakar. Kekurangan energi juga dapat membuat tubuh lapar dan lemas.

Mie dibuat dari tepung terigu. Makanan favorit ini juga masuk ke dalam makanan yang tinggi karbohidrat, sehingga dapat meningkatkan level gula darah dengan cepat. Tentunya mie akan meningkatkan gula darah Teman Hijab saat dibarengi dengan makanan tertentu.

Kalau begitu seharusnya Teman Hijab  merasa kenyang? Ya, Teman Hijab memang akan kenyang, namun ingat mie memerlukan waktu lama untuk diproses. Sistem metabolisme yang bekerja lebih keras untuk mencerna mie, dapat membuat  lapar lagi, meskipun awalnya Teman Hijab merasa kenyang.

Asyifa Mahardika, 26th Vlogger/Influencer

“Every small goodness makes your life value bigger.”


BERI KOMENTAR