Parenting

Inspirasi Lifestyle: Tips Menyiapkan MPASI Pertama Buah Hati

Sang Buah Hati sudah berusia 6 bulan! Ini saatnya Teman Hijab memberinya makanan pendamping ASI atau MPASI. Tapi, menyiapkan MPASI pertama untuk buah hati seringkali jadi tantangan tersendiri, terutama bagi para ibu baru.

Mulai dari bingung menentukan jenis makanan apa yang sebaiknya diberikan terlebih dahulu, cara menyiapkannya, sampai harus menghadapi kerewelan Si Kecil saat ibu menyiapkan makanan, semuanya bisa bikin ibu kewalahan. Karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui panduan yang tepat, agar bisa menyiapkan MPASI pertama yang berkualitas untuk Si Kecil.

Organ pencernaan si kecil pun sudah berkembang, jadi ibu bisa memberinya makanan tambahan yang bergizi yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Yuk simak tips berikut ini untuk menyiapkan Mpasi pertama sang buah hati.

1. Menu MPASI pertama: Buah atau Bubur?

Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang jenis makanan apa yang pertama kali harus diberikan. Namun, menurut dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA dari RS Bunda Jakarta, anak dengan berat badan normal sebaiknya diberikan buah dulu untuk MPASI pertamanya. Sebaliknya, jika anak kurus, MPASI sebaiknya tidak dimulai dari buah tapi serealia, karena bayi yang MPASInya dimulai dengan buah, biasanya akan sulit mengonsumsi serealia nantinya.

2. Hindari Memberi Penambah Rasa

Ibu juga sebaiknya tidak menambahkan gula, garam dan zat tambahan lainnya pada menu MPASI 6 bulan bagi Si Kecil yang baru belajar makan. Rasa makanannya harus hambar, dengan tekstur yang sangat lembut dan terbuat dari bahan makanan yang tidak memicu alergi.

3. Cara Menyiapkan Makanan

Makanan untuk MPASI pertama buah hati sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dikukus. Hindari memberi Si Kecil makanan yang digoreng, karena bisa menyebabkan batuk dan radang tenggorokan.

Pada tahap awal MPASI, makanan yang terlalu padat bisa disaring lalu dicairkan dengan ASI atau air matang. Setelah beberapa lama, jika makanan Si Kecil sudah mulai beragam, Teman Hijab bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.

4. Jadwal Makan

Sebenarnya tidak ada jadwal makan yang baku untuk bayi 6 bulan. Ibu bisa membuat jadwal makan sendiri atau berdiskusi dengan dokter spesialis anak. Tapi agar Teman Hijab bisa mendapatkan gambarannya, berikut jadwal makan bayi 6-8 bulan:

  • Jam 06.00: ASI
  • Jam 08.00: Bubur susu
  • Jam 10.00: Buah
  • Jam 12.00: ASI
  • Jam 14.00: ASI
  • Jam 16.00: Buah
  • Jam 18.00: Nasi tim saring
  • Jam 20.00: ASI

Nah, sudah tidak bingung lagi kan cara menyiapkan MPASI untuk Si Buah Hati? Jangan segan untuk bertanya kepada dokter anak juga ya Teman Hijab.

Nailil Izza, 26th Vlogger/Influencer

“Your attitude shows how big your value is.”


BERI KOMENTAR
Jhone Philipe    20 Jul 2019    15:44

Bermanfaat untuk ibu-ibu muda yang baru pertama kali pengalaman melahirkan.