Decor

Inspirasi Menghias Dinding Rumah Dengan Karya Seni

Jika dinding rumah Teman Hijab tampil polos tanpa dekorasi, tentu akan membuat ruangan terasa monoton dan kaku. Agar terhindar dari kesan kaku, Teman Hijab bisa menambahkan beberapa bingkai karya seni sebagai hiasan dinding. Karya seni ini bisa berupa lukisan, wall art, ataupun karya dua dimensi buatan sendiri. Langsung saja yuk simak inspirasi menghias dinding rumah dengan karya-karya seni sederhana tersebut.

Apabila Teman Hijab menggunakan teknik peletakan yang tepat, ternyata dapat membuat karya-karya sederhana tersebut tampak seperti karya seni bernilai tinggi. Selain memilah dari segi gambar dan warna, Teman Hijab juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memajangnya di dinding. Seperti ukuran, desain bingkai foto, dan bentuk simetri dari susunan yang kelak akan dihasilkan.

Inspirasi berikut ini dapat Teman Hijab jadikan referensi menghias dinding rumah dan menjadikannya pajangan karya seni yang apik.

1. Menyusun karya seni secara linear

Jika Teman Hijab ingin menyusun karya seni secara linear, paling tidak harus ada tiga jenis karya seni yang berbeda. Beberapa karya tersebut kemudian diletakkan dalam satu garis lurus. Referensi menghias dinding ini bisa disusun secara vertikal maupun horizontal, bergantung pada perspektif yang ingin diciptakan.

Jika ingin dinding terlihat lebih lebar, terapkan susunan horizontal. Sebaliknya untuk karya seni yang disusun secara vertikal membuat plafon rumah terlihat lebih tinggi. Penyusunan karya ini tidak sebatas untuk bingkai yang berukuran sama. Susunan overlapping dari bingkai-bingkai karya yang berbeda ukuran ini juga membuatnya tampil lebih dinamis.

2. Rangkaian karya seni membentuk grid

Referensi menghias dinding dengan bentuk grid ini bisa dilakukan dengan meletakkan karya seni secara simetri. Teman Hijab bisa membentuk susunan baris dan kolom, dengan tiap-tiap bingkainya diberikan jarak yang sama.

Sesuaikan jumlah karya dengan baris dan kolom yang akan diisi. Bila Teman Hijab memiliki koleksi karya seni dan berencana menjadikannya sebagai focal point di ruangan, cara ini dapat kamu terapkan.

3. Komposisi acak yang dinamis

Jika kamu memiliki koleksi karya seni dengan ukuran yang yang beragam, coba letakkan secara acak hingga membentuk cluster atau kelompok-kelompok. Meskipun disusun dengan bebas dan tanpa mengikuti aturan tertentu. Namun sebisa mungkin susunannya tetap memperlihatkan komposisi yang berimbang. Susunan karya seni yang acak akan membuatnya terlihat lebih artistik.

Untuk lebih mudah menentukan komposisi rangkaiannya, buatlah skema atau template susunan bingkai karya seni terlebih dahulu. Sehingga Teman Hijab tidak perlu repot-repot melepas dan memasang kembali karya dari dinding rumah.

4. Memanfaatkan rak

Karya seni tidak harus selalu dipasang menggantung pada dinding. Teman Hijab bisa memanfaatkan furniture atau fitur arsitektur bangunan untuk memajang koleksi karyamu.

Sebuah tampilan ruang tamu dapat berubah dengan cara memanfaatkan rak dinding sebagai tempat memajang karya seni. Meskipun dirangkai secara linear, perbedaan ukuran dari karya dan susunannya yang saling menumpuk membuat desain ruang tamu yang mungil terlihat lebih berdimensi. Penataan karya seperti ini akan mempermudah jika sewaktu-waktu Teman Hijab ingin mengubah susunannya.

5. Membuat galeri karya seni di dinding

Referensi menghias dinding satu ini dapat memaksimalkan seluruh bagian dinding ruang. Dari lantai sampai plafon, bagian dinding dipenuhi oleh karya yang tersusun acak, namun terdapat jarak antara satu dengan yang lainnya.

Penyusunan karya seni seperti ini dapat menghasilkan efek dramatis yang megah ke dalam ruangan. Gunakanlah bingkai foto berbahan keras yang memiliki finishing mengilap. Seperti kayu dan logam agar menimbulkan kesan penuh ke dalam ruangan. Jangan ragu untuk menyertakan karya yang dibuat si kecil ke dalam galeri karya senimu.

Keyword : menghias dinding

Sumber image : https://www.dekoruma.com/artikel/81240/menghias-rumah-dengan-karya-seni

Nailil Izza, 26th Vlogger/Influencer

“Your attitude shows how big your value is.”


BERI KOMENTAR