Jika Muslimah Tidak Memiliki Minat Baca

0 views

Rendahnya literasi merupakan masalah mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa. Literasi yang rendah pun berkontribusi terhadap rendahnya produktivitas bangsa. Karena itu jika muslimah tidak memiliki minat baca, maka akan berdampak pada rendahnya tingkat kesejahteraan di masyarakat.

Beberapa lembaga survei menyatakan fakta tentang rendahnya budaya literasi di Indonesia. Programme for International Student Assessment (PISA) menyebutkan, pada tahun 2012 budaya literasi di Indonesia menempati urutan ke-64 dari 65 negera yang disurvei.

Pada penelitian yang sama juga ditunjukkan jika Indonesia menempati urutan ke-57 dari 65 negara dalam kategori minat baca. Data UNESCO menyebutkan posisi membaca Indonesia 0.001 persen. Artinya dari 1.000 orang, hanya ada 1 orang yang memiliki minat baca.

Dari hasil survei yang cukup memprihatinkan tersebut seharusnya kita sebagai muslimah harus mulai membiasakan diri untuk membaca. Jangan sampai rendahnya minat baca ini terus-menerus muncul pada generasi muda di Indonesia.

Ada beberapa efek yang muncul jika muslimah tidak memiliki minat baca, yaitu :

– Banyak mengalami masalah dalam memahami, menguasai, meneruskan, serta menggunakan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas.

– Wawasan dan keilmuan yang terbatas akan membuat pola pikir menjadi sempit, sehingga mudah dipengaruhi oleh berbagai doktrin dan pemahaman negatif.

– Kurang membaca akan menyebabkan kreatifitas seseorang tidak berkembang. Sebab kreatifitas sangat berpengaruh dengan pola pikir serta kemampuan merespon lingkungan sekitarnya. Di mana hal ini bisa dilatih jika muslimah mulai menumbuhkan minat baca dalam diri masing-masing.

– Dampak jika muslimah tidak memiliki minat baca berikutnya adalah tak mengetahui informasi teraktual, sehingga mengalami kesulitan untuk meningkatkan kualitas diri.

– Selain itu, ketidaktahuan akan ilmu pengetahuan karena minimnya minat baca juga akan menimbulkan ketidakpedulian. Sehingga kini banyak orang yag menutup diri san sibuk dengan dunianya sendiri.

– Jika muslimah tidak memiliki minat baca, biasanya akan mengalami kesulitan dalam interaksi dan kehidupan sosialnya. Karena wawasannya terbatas dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik.

– Efek yang lebih besar lainnya jika muslimah tidak memiliki minat baca adalah negara akan kehilangan asett-aset generasi muda yang dapat mendukung kemajuan bangsa.

Nah bagi Teman Hijab yang masih bermalas-malasan untuk membaca, inilah waktunya untuk mengubah kebiasaan. Agar nantinya Teman Hijab bisa menjadi generasi muda yang dapat memajukan bangsa.

Like & Share Us On

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *