Kesehatan

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Tekana Gula Darah

Makanan mengandung karbohidrat tinggi termasuk salah satu jenis makanan yang perlu dibatasi, karena dalam proses pencernaan dapat meningkatkan asupan gula. Makanan tinggi karbohidrat akan segera diubah tubuh menjadi gula darah. Semakin banyak karbohidrat yang dikonsumsi, maka akan semakin tinggi gula darah dalam tubuh.

Makan tiap 3-5 jam sekali juga membantu menjaga kadar gula darah. Ini bisa dilakukan dengan 3 kali makan besar, diselingi 2 kali makanan ringan.

Mengonsumsi makanan berkalori tinggi akan membuat tubuhmu menyimpan cadangan kalori dalam bentuk lemak. Semakin tubuh kelebihan berat badan karena timbunan lemak, semakin sel-sel tubuh tidak sensitif terhadap insulin, sehingga kadar gula darah meningkat.

Beberapa Jenis Makanan yang Perlu Dibatasi

  • Soda dan minuman manis lain

Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi minuman soda 1-2 kali per hari, 26% lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2. Jus buah yang dijual bebas dalam kemasan juga banyak yang mengandung gula dan kalori. Selain itu, minuman olahraga mungkin memang mengandung natrium dan kalium yang membantu memulihkan cairan dan elektrolit, namun juga mengandung karbohidrat yang tidak dibutuhkan jika kamu olahraga kurang dari satu jam. Lebih baik kamu mengganti minuman-minuman manis itu dengan air mineral.

  • Makanan cepat saji

Kebanyakan makanan cepat saji tinggi lemak, garam, dan kalori yang tentu saja meningkatkan berat badan dan risiko diabetes tipe 2.

  • Makanan kemasan

Makanan kemasan cenderung tinggi lemak trans yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga juga mungkin meningkatkan risiko diabetes. Terutama jika makanan kemasan tersebut banyak mengandung gula, seperti cokelat atau permen.

Bukan berarti kamu harus selalu menghindari makanan-makanan di atas. Hanya saja kamu perlu memperhatikan porsi dan frekuensi makanmu. Selain itu, olahraga juga penting lho untuk menstabilkan kadar gula darah. Jika kamu memiliki riwayat diabetes, maka sangat dianjurkan bagimu untuk rutin kontrol pada dokter, dan menjalani pengobatan yang dianjurkan. Dan jika kamu bingung menentukan pilihan makanan yang tepat untuk menjaga kadar gula darah, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter gizi.

Jadi untuk mencegah tingginya gula darah, mulai sekarang jangan hanya fokus menghindari makanan manis ya Teman Hijab!

Rizalsyah F, 26th Vlogger/Influencer

“An investment in knowledge pays the best interest.”


BERI KOMENTAR