Parenting

3 Manfaat Labu Kuning Untuk Si Kecil

Buah labu kuning mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, yaitu kalsium, zat besi, kalium, zinc, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, karbohidrat kompleks, air, protein, juga serat.

5 Manfaat Labu Kuning untuk Bayi

Setelah bayi berusia 6 bulan ke atas, pasokan ASI saja sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan gizinya. Si Kecil juga membutuhkan nutrisi dari makanan atau MPASI. Labu kuning bisa menjadi salah satu pilihan buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh bayi.

Berikut ini adalah manfaat labu kuning untuk kesehatan bayi:

1. Menjaga kesehatan mata

Warna kuning dan oranye pada buah labu berasal dari kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin ini sangat baik untuk mendukung kesehatan mata bayi.

Kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin pada labu kuning berguna untuk melindungi mata dari beragam penyakit, serta membantu retina menyerap dan memproses cahaya yang masuk ke mata.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Labu kaya akan kandungan zat besi, asam folat, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang merupakan antioksidan. Semua nutrisi tersebut berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh bayi. Antioksidan juga berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas.

Mengonsumsi labu kuning dengan kadar yang cukup bisa membuat sel-sel kekebalan tubuh bekerja lebih baik untuk menangkal dan mencegah infeksi serta mempercepat proses penyembuhan ketika bayi sakit atau terluka.

3. Membuat kulit menjadi sehat

Selain baik untuk mata, beta karoten yang terkandung pada labu kuning bisa bertindak sebagai tabir surya alami yang mampu menghalau bahaya paparan sinar matahari berlebih pada kulit.

Tidak hanya vitamin A, vitamin C pada labu juga berperan dalam proses pembentukan kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit bayi agar senantiasa sehat dan kenyal.

 

Nailil Izza, 26th Vlogger/Influencer

“Your attitude shows how big your value is.”


BERI KOMENTAR