Parenting

4 Hal Ini Akan Membekas Di 1000 Hari Pertama Si Kecil

Teman Hijab, orangtua mana sih yang tidak bangga jika memiliki anak yang cerdas? Kecerdasan pada anak ternyata tidak datang begitu saja lho, Teman Hijab. Ada empat hal yang bisa memengaruhi kecerdasan si kecil di 1000 hari pertamanya. Simak pembahasan lengkapnya yuk!


Nutrisi Ibu Saat Hamil

Kecerdasan si kecil mulai terbentuk sejak dari dalam kandungan. Karena itu, nutrisi ibu saat hamil punya peranan yang cukup besar untuk memengaruhi kecerdasannya. Untuk membuat si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, Teman Hijab sebaiknya mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang setiap hari. Selama masa kehamilan, pastikan kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, beberapa vitamin B, vitamin C, zat besi, dan kalsium terpenuhi. Jika nutrisi dari makanan dirasa masih kurang, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu khusus ibu hamil dan suplemen makanan tambahan.


ASI Selama 6 Bulan Pertama

ASI menjadi sumber nutrisi satu-satunya yang akan diperoleh si kecil selama 6 bulan pertama kehidupannya. Kandungan di dalam ASI sudah lengkap dan sangat pas untuk memenuhi seluruh kebutuhan tumbuh kembang si kecil. Supaya kebutuhannya terjamin, pastikan produksi ASI lancar ya, Teman Hijab. ASI yang tidak lancar bukan hanya bisa memengaruhi kecerdasan anak, tapi juga mengganggu proses perkembangan motorik serta membuat si kecil lebih mudah rewel. Untuk produksi ASI yang lancar dan berlimpah, Teman Hijab bisa mengonsumsi daun katuk ataupun booster ASI lainnya.


Makanan Pendamping ASI

Mulai usia 6 bulan, si kecil sudah siap menerima makanan pertamanya. Teman Hijab bisa mulai menyuapi si kecil dengan makanan lembut untuk melengkapi nutrisinya. Semakin bertambah usia anak, Teman Hijab bisa membuat makanan pendamping ASI menjadi lebih kental dan juga lebih beragam. Meskipun si kecil mulai mengonsumsi MPASI, tapi pastikan anak tetap mendapatkan asupan ASI yang cukup ya.


Stimulasi Kognitif dan Motorik

Selain asupan nutrisi, kecerdasan si kecil juga dipengaruhi oleh stimulasi kognitif dan motorik yang Teman Hijab berikan. Stimulasi ini bisa didapatkan melalui permainan atau kegiatan sederhana sehari-hari. Permainan seperti menyusun balok, mendengarkan cerita dongeng, dan bermain lempar tangkap bola bisa menjadi cara menyenangkan untuk menstimulasi kecerdasan si kecil.


Nailil Izza, 26th Vlogger/Influencer

“Your attitude shows how big your value is.”


BERI KOMENTAR